Media Promosi Online Dan Pasang Iklan Jasa, Produk Serta Informasi Seputar Dunia Bisnis Terbaru

Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

#BikinMudah #Edukasi – Apakah kamu sedang mencari jawaban dari Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat? Berikut ini adalah jawaban dari team bikinmudah.com. Semoga dapat membantu adik-adik dalam mengerjakan tugas pekerjaan rumahnya. Siapapun dimanapun bisa ikut serta dalam memberikan jawaban yang lebih tepat.

Pertanyaan:

Tuliskan Dan Jelaskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat?

Jawaban Terverifikasi

Menurut istilah malaikat adalah salah satu jenis makhluk Allah yang diciptakan khusus untuk taat dan beribadah kepada-Nya serta mengajaknya semua tugas-tugasnya.

Malaikat berarti makhluk langit sedangkan menurut istilah syara malaikat berarti makhluk gaib yang diciptakan Allah yang berasal dari nur atau cahaya dengan wujud dan sifat-sifat tertentu dan senantiasa mengabdi dan taat kepada Allah.

Percaya kepada adanya malaikat terdapat dalam 6 rukun iman yaitu pada rukun iman ke-2 yaitu iman kepada malaikat Allah. Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang senantiasa patuh padanya dan tidak pernah mendurhakai-Nya. Beriman kepada malaikat hukumnya wajib bagi setiap orang Islam atau fardlu’ain.

Orang Islam yang tidak mengimani adanya malaikat dianggap murtad dan Allah mengkafirkan orang-orang mendurhakai-Nya. Dalam ajaran islam percaya akan adanya malaikat adalah kewajiban bagi orang-orang yang beriman sebab di dalam kitab suci Al-Quran disebutkan bahwa malaikat yang menjadi perantara dalam menyampaikan firman-Nya kepada para Rasul, sehingga menafikan para malaikat berarti menafikan pula firman-firman atau wahyu Allah.

Bahkan beriman kepada para malaikat memiliki posisi yang cukup tinggi yakni setelah beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Peran malaikat dalam Alquran tidak hanya sekedar menyampaikan perintahnya namun banyak tugas lain yang tidak kalah penting baik di dunia maupun yang berhubungan dengan manusia.

Malaikat digambarkan sebagai makhluk yang selalu taat tunduk dan patuh pada Allah subhanahu wa ta’ala tidak pernah ingkar kepadanya juga ia tidak membutuhkan makan minum atau tidur yang mereka tidak mempunyai keinginan apapun baik yang bersifat fisik maupun materi.

Mereka menghabiskan waktu siang dan malam untuk mengabdi kepada Tuhan. Malaikat memiliki banyak keistimewaan yang begitu unik dan mencengangkan salah satunya yaitu kemampuan untuk mengubah bentuk fisik dengan bentuk yang beraneka macam termasuk merubah diri sebagai manusia, sebagaimana Jibril dalam satu waktu mendatangi nabi dengan rumah seorang laki-laki untuk menanyakan tentang keimanan dengan bentuk manusia.

Keunikan lain malaikat adalah memiliki kekuatan dan tugas yang luar biasa, mereka memiliki sayap yang tidak terhitung jumlahnya sehingga untuk terbang dari ujung barat sampai ujung timur tidak memerlukan banyak waktu dalam hitungan detik. Itu semua menggambarkan dan mengarahkan pada tugas malaikat yang begitu berat. Dalam Alquran ilustrasi tentang malaikat digambarkan dalam banyak surat sebagaimana dalam surat Al Fatir ayat 1 berikut :

Allah Subhanahu Wa Ta’ala befirman:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ فَاطِرِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ جَاعِلِ الْمَلٰۤىِٕكَةِ رُسُلًاۙ اُولِيْٓ اَجْنِحَةٍ مَّثْنٰى وَثُلٰثَ وَرُبٰعَۗ يَزِيْدُ فِى الْخَلْقِ مَا يَشَاۤءُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya :”Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan Bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS. Fatir 35: Ayat 1)

Dari Penjelasan diatas, menyatakan bahwa QS. Fatir 35: Ayat 1 menjelaskan gambaran malaikat sebagai utusan yang mengurus berbagai macam urusan dan mempunyai sayap masing-masing ada yang dua, tiga, dan empat.

Catatan:
Jika jawaban di diatas belum tepat silahkan memberikan pendapat dan jawabanmu di kolom komentar ya…. Kami sangat menghargai pendapat dan masukan para ahli. Terima Kasih Semoga Bermanfaat.

Writer: Digibost MediaEditor: Nurlaela BSJSource News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *