Contoh Rencana Bisnis yang Baik dan Benar

contoh rencana bisnis

Bikinmudah – Kemampuan menyusun bisnis plan merupakan salah satu keuntungan bagi Anda yang ingin sukses berwirausaha.

Bagi Anda yang masih bingung, artikel ini akan mengulas secara lengkap tentang apa itu rencana bisnis dan contoh rencana bisnis yang baik dan benar.

Konveksi Jasa Sablon Jogja

👁 Lanjutkan Membaca...

Perencanaan bisnis merupakan langkah penting sebelum menjalankan strategi apapun. Perusahaan menciptakannya untuk membantu mereka mempertimbangkan semua elemen yang mereka butuhkan agar bisnis tersebut sukses.

Apa Itu Rencana Bisnis?    

Bisnis plan atau business plan adalah sebuah dokumen lengkap yang berisi tentang tujuan dari bisnis serta langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Meski memiliki peran krusial pada kesuksesan bisnis, banyak orang yang masih menganggap bahwa membuat rancangan bisnis tidaklah penting. Namun, jika Anda ingin usaha yang dijalankan sukses, penting bagi Anda untuk memahami contoh rencana bisnis tersebut.

Dengan membuat bisnis plan, Anda dapat mengetahui secara jelas bisnis yang Anda buat mulai dari strukturnya, strategi bisnisnya, dan perhitungan bisnis yang akan dijalankan nantinya.

Untuk perusahaan yang sudah mapan, rencana bisnis menetapkan tujuan bisnis selama beberapa periode berikutnya, seringkali tiga, lima atau sepuluh tahun kedepan.

Walaupun rencana bisnis tidak bisa menjamin kesuksesan sebuah usaha, tapi bisnis plan dapat meminimalisir kegagalan bisnis atau usaha yang sedang dirintis. Lantas, seperti apa contoh proposal bisnis plan yang baik dan benar? Simak ulasannya di bawah ini.

Contoh Rencana Bisnis yang Baik dan Benar

Agar tidak bingung lagi ketika harus membuat bisnis masa depan, maka berikut ini adalah penjelasan lengkap dari berbagai sumber yang bisa Anda perhatikan.

Baca Juga:   Harus Tahu! Inilah 5 Tips Hamil Anak Laki Laki Paling Ampuh

1.Identitas Perusahaan

Akan sulit untuk calon pembeli supaya bisa mengenali produk yang akan Anda pasarkan apabila Anda tidak memiliki identitas. Hal ini merupakan salah satu rencana bisnis yang cukup penting untuk diperhatikan oleh pemilik usaha.

Anda bisa menentukan nama perusahaan Anda secara bebas, tetapi Anda harus memilih nama yang unik dan berbeda agar bisa diingat dengan baik oleh masyarakat terutama untuk target pasar yang dituju.

2. Pernyataan Visi dan Misi

Pernyataan visi dan misi dapat membantu menjawab pertanyaan mengapa bisnis baru datang. Tidak seperti bagian lain, konten di bagian ini biasanya lebih ringkas.

Dalam contoh rencana bisnis, visi dan misi harus dibuat dengan jelas agar mudah dipahami oleh para konsumen dan calon investor.

3. Deskripsi Usaha   

Pada bagian ini, Anda harus menggambarkan dan menjelaskan detail usaha kewirausahaan yang sedang Anda jalankan supaya pihak yang memiliki kepentingan bisa mengetahui jenis usaha apa yang sedang Anda jalankan.

Pengusaha juga memberikan informasi rincian tentang pasar dimana perusahaan akan beroperasi. Kemudian mereka menguraikan peluang melalui analisis pasar dan juga persaingan.

4. Ikhtisar Operasi Bisnis

Pertama, tentang organisasi dan manajemen. Pengusaha menjelaskan bagaimana struktur perusahaan dan siapa yang menjalankannya. Apa yang dimaksud dengan badan usaha yang sah, baik dalam persekutuan umum atau persekutuan komanditer.

Kedua, produk. Pengusaha menjelaskan jenis produk apa yang ditawarkan, mengapa produk tersebut sukses, dan mengapa pelanggan akan membelinya.

Ketiga, penasaran dan penjualan. Pengusaha memberikan informasi rincian tentang seperti apa mereka akan menjual produk tersebut.

Demikian tadi contoh rencana bisnis yang bisa Anda gunakan sebelum referensi. Rencana bisnis merupakan hal yang harus dipersiapkan secara baik dan benar karena dengan adanya bisnis plan ini Anda bisa mendapat pemasukan modal dari banyak investor.