Media Promosi Online Dan Pasang Iklan Jasa, Produk Serta Informasi Seputar Dunia Bisnis Terbaru

Cara Mandi Wajib Untuk Pria Dan Wanita Yang Benar

Mandi besar atau mandi wajib (bahasa Arab: الغسل, translit. al-ghusl‎) adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadats besar. Hal itu adalah pengertian dalam syariat Islam. Arti al-gusl secara etimologi adalah menuangkan air pada sesuatu.

Cara Mandi Wajib Untuk Pria Dan Wanita Yang Benar

#BikinMudah – Bersihkan diri dari hadas sebagai hal yang wajib dilaksanakan untuk semua kaum muslim. Maka dari itu, semua kaum muslim perlu ketahui cara mandi wajib yang baik dan benar.

Mandi wajib / Mandi besar adalah  berasal (bahasa Arab: الغسلtranslit. al-ghusl‎) adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh bagian badan dengan menggunakan tata cara yang benar dengan tujuan untuk menghilangkan hadats besar.

Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar

Sama seperti yang telah diterangkan awalnya, mandi wajib sebagai mandi yang perlu dilaksanakan semua kaum muslim untuk bersihkan junub. Junub ialah kondisi kotor karena seorang itu keluarkan air mani saat sesudah berhubungan badan.

Bukan hanya hanya itu, ada beberapa macam mandi wajib yang harus dipahami kaum muslim, beberapa macam itu yaitu mandi wajib haid, mandi wajib pria, mandi wajib sesudah berhubungan intim. Beberapa macam itu tentu saja mempunyai niat mandi wajib yang berbeda-beda.

Dalam mazhab Syafi’i ada tiga rukun mandi wajib ialah niat, bersihkan tubuh dari semua najis yang melekat, menyalurkan air ke semua rambut dan semua permukaan kulit.

Tata cara mandi wajib sebenarnya harus dilaksanakan dengan benar supaya semua ibadah yang anda kerjakan bisa diterima oleh Allah SWT. Oleh karena itu anda harus ketahui betul-betul tata cara mandi wajib dan doanya sama sesuai Sunnah Rasulullah.

Berikut sebagai panduan tata cara mandi wajib dan doanya yang dapat dilakukan, tentunya beberapa cara ini telah bisa dibuktikan benar dan sesuai saran Rasul.

1. Cara Mandi Wajib Pria (Laki-Laki)

Cara mandi wajib dan doanya yang pertama yaitu untuk pria. Hadits Kisah Muslim menjelaskan mandi wajib yang diperuntukkan untuk pria sama sesuai sunnah Rasulullah yaitu diawali dengan membersihkan ke-2 tangan, lalu tuangkan air dari tangan kanan ke tangan atas kiri.

Seterusnya, membasuhkan kemaluan memakai air dan berwudhu seperti saat shalat. Selanjutnya Rasul menyirami air ke rambutnya dan masukkan jari-jarinya ke pangkal rambut. Selanjutnya Rasul menyirami kepala sekitar 3x dan membersihkan badannya.

Di bagian menyela pangkal rambut, dalam Hadits Kisah At-Tirmidzi hal itu dilaksanakan khusus untuk pria saja. Adapun posisi lebih detil tata cara mandi wajib untuk pria yang telah diterangkan awalnya.

  1. Basuhlah dua tangan anda. 
  2. Tuang air dari tangan kanan ke tangan kiri atas. 
  3. Basuhlah kemaluan. 
  4. Berwudhu. 
  5. Basuh rambut dan masukkan jadi-jari anda ke pangkal rambut. 
  6. Siram kepala menggunakan air sebanyak tiga kali. 
  7. Siram seluruh tubuh anda hingga merata. 
  8. Siram kaki anda.

2. Cara Mandi Wajib Wanita (Perempuan)

Cara mandi wajib dan doanya seterusnya diperuntukkan untuk wanita muslim. Mandi wajib yang sudah dilakukan oleh wanita muslim umumnya dikarenakan oleh keluarnya darah haid, nifas, dan sesudah terkait.

Hal yang membandingkan mandi wajib wanita dengan mandi wajib pria yaitu wanita tak perlu menyela pangkal rambut memakai jari-jari. Adapun tata cara mandi wajib untuk seorang wanita muslim yang perlu anda kenali.

  1. Baca niat mandi wajib terlebih dahulu. 
  2. Bersihkan kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. 
  3. Bersihkan alat kemaluan dan juga dubur.
  4. Cuci tangan menggunakan sabun ataupun tanah. 
  5. Berwudhu seperti saat sholat. 
  6. Basuh kepala sebanyak tiga kali, tanpa menyela pangkal rambut. 
  7. Basuh seluruh tubuh menggunakan air, pastikan anda melakukannya sebelah kanan terlebih dahulu kemudian dilanjut tubuh sebelah kiri.

3. Niat Mandi Wajib Sesudah Berhubungan Badan

Tiap mandi wajib yang sudah dilakukan oleh kaum muslim pada intinya mempunyai niat yang berbeda. Mandi wajib sesudah terkait umumnya dikarenakan oleh keluarnya cairan air mani, mimpi basah, dan terkait tubuh seperti suami dengan istri.

Untuk hilangkan semua hadast itu hal yang penting anda kerjakan ialah mandi besar atau mandi junub. Berikut sebagai bacaan niat mandi wajib sesudah terkait tubuh.

Bismillahirrahmaanirrahiim Nawaitu Ghusla Lirafil Hadatsil Akbar Minan Nifasi Fardlon Lillahi Ta’ala.

Niat itu mempunyai makna: Dengan menyebutkan nama tuhan (Allah SWT) saya niat mandi wajib untuk hilangkan hadast besar dari jinabah fardlu karena Allah taala.

4. Niat Mandi Wajib Sesudah Nifas/Haid  Untuk Wanita

Nifas sebagai kelurnya darah dari kandungan wanita yang karena melahirkan, umumnya periode nifas akan usai pada minggu ke enam sesudah melahirkan. Selesainya periode nifas wanita diharuskan untuk mandi wajib.

Mandi wajib sesudah nifas mempunyai tujuan supaya beribadah yang dikerjakan wanita itu bisa diterima oleh Allah SWT. Adapun niat mandi wajib sesudah nifas yang penting anda kenali.

Bismillahirrahmaanirrahiim Nawaitu Ghusla Lirafil Hadatsil Besar Minan Nifasi Fardlon Lillahi Ta’ala.

Niat itu mempunyai makna: Dengan menyebutkan nama tuhan (Allah SWT) saya niat mandi wajib untuk hilangkan hadas besar nifas fardhu karena Allah taala.

5. Niat Mandi Wajib Sesudah Haid Untuk Wanita
Haid atau yang umum dikenali dengan istilah menstruasi sebagai darah yang keluar Kandungan wanita tiap satu bulan sekali tanpa kejadian yang mengakibatkan.

Biasanya bila seorang telah usai periode haidnya, karena itu dianya diharuskan untuk mandi wajib. Tetapi, jika ada flek hitam, karena itu wanita itu harus tunda mandi wajib sampai tidak ada darah atau flek hitam.

Mandi wajib sesudah mempunyai tujuan supaya semua beribadah yang dikerjakan oleh wanita itu bisa diterima oleh Allah SWT dan bersihkan diri dari semua hadas besar. Adapun niat mandi wajib sesudah haid untuk wanita muslim yang penting anda kenali.

Bismillahirrahmaanirrahiim Nawaitu Ghusla Lirafil Hadatsil Akbar Minal Haidi Fardlon Lillahi Ta’ala.

Hadis ini mempunyai makna: Dengan menyebutkan nama tuhan (Allah SWT) saya niat mandi wajib untuk hilangkan hadas besar haid fardhu karena Allah taala.

Nach, tersebut tata cara mandi wajib dan doanya sama sesuai saran Rasulullah yang penting anda kenali. Dari keterangan awalnya bisa diambil kesimpulan jika mandi wajib sebagai mandi untuk hilangkan semua hadas besar yang wajib dilaksanakan semua kaum muslim.

Mandi wajib bukan hanya dikerjakan di saat sesudah terkait tubuh suami istri saja, sesudah haid dan nifas juga wanita diharuskan untuk melakukan mandi wajib.

Tetapi, bila seorang alami keadaan air mani keluar tanpa syahwat, seorang mimpi tapi tidak keluarkan air mani, seorang rasakan keluar air mani saat syahwatnya naik tetapi dia meredam air mani karena itu seorang itu tak perlu mandi wajib.

Adapun tata cara mandi wajib dan doanya yang perlu anda kerjakan secara benar, hal itu mempunyai tujuan supaya anda bersih dari semua hadas dan beribadah yang anda lakukan bisa diterima oleh Allah SWT. Tentu saja tiap panduan mandi wajib yang sudah dilakukan ada niat-niat yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *